It's About Us : Air Untuk Masa Depan

Posted by Mister H2O Categories: Label:

"Tak kenal maka tak sayang" (pepatah)
Pepatah ini seakan mengingatkan kita bahwa kita tidak akan merasa "sayang" jika kita tidak mengenal apa yang harus kita "sayangi". Dalam hal ini kita tidak akan merasa sayang kepada air jika kita tidak mengenal air itu sendiri.Jika kita sudah mengenal air dengan baik maka kita juga akan merasa sayang kepada air.Logikanya jika kita sudah merasa sayang maka kita akan menjaga,merawat dan tidak mau kehilangan air sama halnya dengan kita sayang kepada seseorang kita akan menjaga dan tidak mau kehilangannya.
Air adalah materi yang penting bagi semua bentuk kehidupan.Air menutupi hampir 71% permukaan bumi dan  terdapat 1,4 triliun kilometer  kubik (330 juta mil) tersedia di bumi dan kebanyakan adalah air asin yaitu lautan dan selebihnya air tawar seperti air sungai,rawa dan lain-lain.Air bersih penting bagi kehidupan manusia. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul  air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C).Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organic untuk melakukan replikasi. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis  dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.
Meski hanya singkat kami berharap kita semua bisa lebih mengenal air dan menyayanginya itu semua demi generasi kita di masa depan.



Share


No Response to "Tak Kenal Maka Tak sayang"

Posting Komentar